Perbedaan Sundep dan Beluk

Perbedaan Sundep dan Beluk - Membedakan serangan sundep dan beluk, keduanya meruapakan gejala serangan yang ditimbulkan oleh serangan penggerek batang padi. perbedaan dari keduanya hanya istilah atau penamaan pada stadia penyerangan dari penggerek batang padi.

Sundep secara definisi adalah gejala serangan yang ditimbulkan oleh penggerek batang padi yang menyerang pada fase vegetatif. biasanya sundep mulai muncul di pertanaman pada umur 20 Hst sudah mulai menyebabkan serangan untuk beberapa daerah yang endemis penggerek batang padi. gejala yang nampak adalah daun padi berwarna merah kekuningan dan menggulung. ciri khas dari penggerek batang padi adalah apabila tunas yang terserang di cabut akan mudah tercabut. hal ini merupakan deteksi untuk membedakanan serangan penggerek batang padi dengan OPT lainnya. kembali ke sundep, jadi sudah jelas bahwa apabila ada gejala daun menggulung berwarna merah kekuningan dan apabila di cabut lepas serta menyerang pada fase vegetatif disebut sundep. kerusakan yang ditimbulkan sangat merugikan karena tunas dalam satu rumpuun akan berkurang.

Gejala serangan sundep

Beluk adalah gejala serangan yang disebabkan penggerek batang padi yang menyerang pada fase generatif. serangan beluk dapat di identifikasi dengan melihat tunas malai yang tegak lurus dan apabila dicabut akan terlepas serta dicirikan dengan malai berwarna putih. kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan hampa pada bulir padi karena aliran nutrisi terhenti akibat jaringan pelepah didalamnya digerek oleh larva penggerek batang padi.

Gejala serangan beluk

Kesimpulannya sundep menyerang fase vegetatif, beluk menyerang fase generatif. fase vegetatif adalah fase pertmbuhan padi dimulai dari persemaian sampai anakan maksimum, sementara fase generatif adalah fase pertuumbuhan tanaman padi dari primordia sampai pembentukan malai. untuk mengendalikan gejala sundep dan beluk dapat melihat postingan sebelumnya tentang Pengendalian Penggerek Batang Padi. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya anda berkomentar apabila bermanfaat. terus kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk informasi terbaru. terimaksih atas kunjungannya.

Artikel Terkait