Bioekologi Wereng Batang Coklat

Bioekologi Wereng Batang Coklat - Wereng batang coklat merupakan hama yang menyerang tanaman padi, dan tak jarang mengakibatkan kerusakan berat hingga puso. puso adalah suatu kejadian dimana tanaman mengalami kerusakan baik oleh dampak perubahan iklim atau organisme pengganggu tumbuhan yang mengakibatkan gagal panen. akhir-akhir ini serangan hama wereng batang coklat selalu meningkat. serangan batang coklat dapat mengakibatkan tanaman kering dalam satu hari apabila populasi tinggi dan musuh alami dilapangan tidak ada.
Bioekologi merupakan kebiasaan hidup dari suatu organisme hidup. bioekologi dari wereng batang coklat terdiri dari telur, nimfa, dan imago. untuk lebih detailnya mengenai bioekologi dari wereng batang coklat seperti tabel berikut.
Stadia
Uraian
Telur
  1. Berwarna putih
  2. Bentuknya seperti pisang
  3. Diletakan secara berkelomppok 8-16 butir/kelompok dalam jaringan pelepah daun
  4. jumlah telur 100-600/ekor serangga betina
  5. stadium telur 7-10 hari
Larva
  1. mengalami 5 instar
  2. masing-masing dibedakan berdasarkan ukuran tubuh dan bentuk bakal sayap
  3. nimfa muda umumnya berwarna putih, semakin tua semakin coklat
  4. stadium nimfa 12-15 hari
  5. instar 4-5 dibedakan berdasarkan ada tidaknya bintik hitam pada sayap/bakal sayap
  6. syap brakiptera transparan dan tulang sayap (vena) nampak jelas, sedangkan bakal sayap nimfa berwarna coklat tidak tranparan
Imago
  1. dewasa berwarna coklat muda atau coklat tua
  2. warna sayap berbintik-bintik pada bagian pertemuan sayap depan
  3. panjang serangga jantan 2-3 mm
  4. bentuk sayap terdiri dari dua bentuk : bersayap panjang (makroptera) dan bersayap pendek (brakiptera) terjadi karena pengaruh lingkungan (kondisi tanaman, kepadatan populasi dan gentik)
  5. bentuk brakiptera lebih berperan untuk berkembangbiak
  6. makroptera berfungsi untuk berpindah-pindah tempat, sangat tertarik cahaya lampu
  7. umur serangga 18-28 hari
  8. siklus hidup berlangsung 25 hari
Sudah cukup mendatail bukan mengenai bioekologi dari wereng batang coklat ini, untuk mengendalikan hama wereng batang coklat pada tanaman padi dapat melihat pos sebelumnya yang berjudul Pengendalian Wereng Batangt Coklat . semoga artikel mengenai bioekologi wereng batang coklat bagi anda, sudi kiranya anda berkomentar apabila artikel ini bermanfaat. terimakasih atas kunjungannya.
Artikel Terkait