4 cara mengendalikan wereng hijau

Pengendalian wereng hijau bisa dilakukan dengan bebagai metode pengendalian. ada 4 teknik pengendalian yang bisa diterapkan untuk pengendalian wereng hijau.

1. Pergiliran tanaman dengan tanaman bukan padi

Untuk memutus siklus hidup dari wereng hijau, perlu dilakukan pengaturan pola tanam dengan pergiliran tanaman bukan padi seperti kacang-kacangan atau palawija.

2. Penanaman varietas yang tahan

Varietas yang tahan akan serangan wereng hijau sangat dianjurkan, dengan menanam varietas yang tahan diharapkan dapat menekan serangan wereng hijau. penanam varietas yang tahan ini digolongkan sebagai tindakan pegnendalian yang bersifat preventif.

3. Sanitasi terhadap inangnya

Tanaman inang dari wereng hijau selin padi adalah rerumputan. rerumputan disekitar tanaman akan lebih baik untuk dibersihkan untuk mencegah wereng hijau bertahan di rerumputan.

4. Aplikasi insektisida

Aplikasi pestisida harus dilakukan apabila ketiga cara diatas tidak berpengaruh. namun sebelum menggunakan insektisida diusahakan melakukan pengatan populasi dari wereng hijau. apabila telah melewati ambang pengendalian dapat dilakukan penyemprotan insektisida. untuk ambang pengndalian dapat melihat posting sebelumnya mengenai Ambang Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi . untuk insektisida yang digunakan adalah insektisida yang berbahan aktif : imidakloporid, BPMC, karbufuran, tiametoksam, MIPC, dll. untuk volume larutan semprot yang dianjurkan adalah 500-600 L/Ha. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya untuk berkmentar apabila bermanfaat. terus ikuti perkembangan blog ini untuk update terbaru. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait