Pengendalian Ganjur

Pengendalian Ganjur - Untuk mengendalikan ganjur (Orselia oryzae) dapat mengkombinasikan 4 cara pengendalian, seperti waktu tanam, jarak tanam, penyiangan, dan penggunaan insektisida.

1. Waktu tanam

Pengendalian dengan tanam lebih awal, yaitu 1,5 bulan sebelum puncak curah hujan tertinggi, sehingga pada saat kelembaban tinggi, tanaman sudah mencapai fase generatif. usaha penanaman dini perlu dilakukan secara serentak untuk mengurangi ketersediaan makanan untuk ganjur.

2. Jarak tanam

Jarak tanam yang terlalu rapat akan menguntungkan bagi perkembangan hama ganjur. dianjurkan untuk menanam dengan jarak tanam 20-25 cm dengan jumlah bibit 2-3 bibit. dan dianjurkan untuk menggunaan jajar legowo 2:1 atau 4:1.

3. Penyiangan

Penyiangan dilakukan untuk mengurangi kelembaban dan membersihkan pertanaman padi dari gulma. penyiangan dapat menggunakan gasrok atau disesuaikan dengan kondisi pertanaman.

4. Penggunaan insektisida

Penggunaan insektisida apabila intensitas ganjur telah melewati ambang pengendalian. untuk ambang pengendalian dari ganjur dapat melihat posting sebelumnya tentang Ambang pengendalian hama dan penyakit tanaman padi.. apabila sudah melewati ambang dapat menggunakan insektisida yang berbahan aktif imidakloporid.

Semua teknik pengendalian tersebut dapat disesuaikan sesuai keadaan setempat. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya memberi komentar apabila artikel ini bermanfaat. kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk update selanjutnya. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait