Strategi dan Taktik Pengendalian Hama Terpadu

Strategi dan Taktik Pengendalian Hama Terpadu - Pengendalian Hama Terpadu (PHT) adalah pengendalian hama yang didasarkan atas pertimbangan ekologi dan ekonomi agar tercipta suatu agroekosistem yang stabil. pertimbangan ekologi sendiri adalah selisih antara musuh alami dan organisme pengganggu tumbuhan yang ada pada ekosistem tertentu. sedangkan pertimbangan ekonomi adalah pertimbangan pengendalian dengan menggunakan teknik pengendalian tertentu terhadap biaya yang dikeluarkan. dalam melakasanakan sistem pengendalian hama terpadu perlu suatu strategi dan taktik yang harus diterapkan. strategi dan taktik yang bisa diterapkan sebagai berikut.

1. Memadukan semua teknik pengendalian secara optimal

Teknik pengendalian yang dapat digunakan untuk sistem pengendalian hama terpadu diantaranya adalah dengan memadukan teknik pengendalian yang bersifat preventif dan responsif. teknik pengendalian preventif bisa dengan perlakuan benih, sistem budidaya, dan pemilihan varietas yang tahan. sementara untuk teknik pengendalian responsif bisa menggunakan pestisida nabati.

2. Pemanfaatan pengendalian alami

Pemanfaatan pengendalian alami akan lebih murah dan ramah lingkungan, dalam sistem pengendalian hama terpadu harus semaksimal mungkin memanfaatkan musuh alami yang ada di agroekosistem tersebut.

3. Menciptakan kondisi lingkungan yang optimal bagi musuh alami

Dengan kondisi lingkungan yang sesuai untuk musuh alami, maka kemampuan memangsa dari musuh alami akan meningkat dan hal ini dapat dimanfaatkan sehingga keberadaan dari organisme pengganggu tumbuhan dapat dikendalikan dengan tepat tanpa mengganggu agroekosistem.

4. Penggunaan pestisida secara bijkasana

Bijaksana dalam menggunakan pestisida adalah dengan mengakhirkan penggunaan pestisida sebagai jalan terakhir bukan yang pertama untuk mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan. penggunaan pestisida dalam penerapan pengendalian hama terpadu (PHT) bukan dilarang, namun dijadikan opsi terakhir apabila teknik pengendalian lainnya tidak bekerja optimal.

Penggunaan pestisida

Pengendalian hama terpadu mutlak harus diterapkan untuk menstabilkan agroekosistem, untuk mengetahui tujuan dan prinsip-prinsip yang harus digunakan dalam sistem pengendalian hama terpadu dapat melihat posting sebelumnya tentang Tujuan dan Prinsip Pengendalian Hama Terpadu. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, sudi kiranya untuk memberi komentar apabila berkanan. selalu kunjungi blog oragnisme pengganggu tumbuhan untuk update terbaru tentang organisme pengganggu tumbuhan. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait