Gejala Serangan Penyakit Blas

Gejala serangan penyakit blas - Blas merupakan penyakit disebabkan oleh jamur yang menyerang tanaman padi. gejala serangan penyakit blas secara umum dapat digolongkan menjadi :

1. Blas daun (Leaf blast)

Blas daun menyerang tanaman padi pada stadia vegetatif. stadia vegetatif adalah stadia pertumbuhan padi di mulai dari persemaian sampai anakan maksimum.

Gambar blas daun

2. Blas leher (Neck roti)

Blas leher menyerang pada fase generatif. fase generatif adalah fase pertumbuhan tanaman padi dari fase primordia sampai masak malai.

Gambar blas leher

Gejala awal dari blas ini adalah bercak kecil berwarna coklat keputihan. gejala akan berkembang dengan cepat pada kondisi kelembaban tinggi dan varietas yang peka. varietas yang peka contohnya adalah ciherang dan mekongga yang d tanam di daerah pegunungan. bercak dapat berkembang sampai ukuran panjang 1 - 1,5 cm dn lebar 0,3 - 0,5 cm. biasanya tepi bercak berwarna coklat. bercak pada daun mempunyai ciri khas berbentuk kumparan atau elpis lebah ditengah dan meruncing di kedua ujungnya atau berebentuk belah ketupat. bagian tengah bercak berwarna kelabu atau keputihan, dan bagian tepi biasanya coklat atau merah kecoklatan. bentuk dan warna bercak tergantung pada kondisi lingkungan, umur bercak, dan kepekaan tanaman padi.

Bercak yang banyak pada daun dapat mengakibatkan kematian tanaman, yang diikuti degnan pengeringan pelepah. bibit yang terinfeksi berat aka dapat mudah mengering dan mati dilapangan. intensitas serangan bercak daun yang tinggi di saat pertumbuhan vegetatif akan dapat megnakibatkan kekerdilan. blas dapat menyerang batang pada buku, pangkal pelepah daun menjadi busuk dan berubah menjadi kehitam-hitaman, dan mudah patah.

Bercak juga bisa terjadi pada malai. gejala pada leher malai ditunjukan dengan warna coklat keabuan sampai hitam pada pangkal leher malai. infeksi pada leher malai akan mengakibatkan leher malai mudah patah, sehingga mengakibatkan terganggunya pengisian malai/ hampa.

Pada biji yang sakit terdapat bercak-bercak kecil yang bulat. reaksi ketahanan varietas ditunjukan dari warna gejala pada daun. bercak coklat kecil menunjukan reaksi tahan, coklat kekuningan reaksi moderat, coklat kelabu kekuningan reaksi peka, dan abu-abu keputihan reaksi sangat peka. untuk mengendalikan penyakit blas ini dapat melihat posting sebelumnya tentang 8 cara pengendalian penyakit blas. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, sudi kiranya untuk berkomentar. selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk info menarik lainnya. terima kasih atas kunjungannnya.

 

 

 

Artikel Terkait