Pengendalian Bercak coklat

Pengendalian Bercak Coklat - Pengendalian bercak coklat pada tanaman padi dapat menggunakan metode pengendalian preventif. pengendalian preventif ini bersifat mencegah dari awal untuk menghindari serangan bercak coklat. berikut beberapa teknik pengendalian preventif untuk mencegah serangan bercak coklat.

1. Budidaya tanaman sehat

Budidaya tanaman sehat dapat dilakukan sedini mungkin dengan penggunaan benih bermutu, tata kelola air yang baik, pemupukan berimbang, tanam serempak, dan pengaturan waktu tanam yang tepat. apabila budidaya padi secara sehat, penyakit bercak coklat ini tidak akan menimbulkan kerusakan yang berarti, namun sebaliknya apabila budidaya tanaman yang tidak tepat akan rentan terhadap serangan bercak coklat.

2. Sanitasi dan pergiliran tanaman

Sanitasi dilakukan untuk menghilangkan sumber patogen dari penyakit bercak coklat ini, seperti diketahui patogen dari bercak tanah ini dapat bertahan dalam jerami maupun dalam tanah. selanjutnya untuk pergiliran tanaman dimaksud adalah dengan pergiliran tanaman bukan padi, bisa dengan alternative lain seperti kacang-kacangan atau palawija disesuaikan dengan kondisi setempat.

3. Perlakuan benih

Biji benih sebelum di semai, lakukan perlakuan dengan cara merendam benih dengan air panas dicampur dengan fungisida. fungisida yang digunakan biasanya adalah tiram, oksiklorida tembaga atau bisa juga alternative lain yaitu dengan menggunakan formalin.

4. Menanam varietas tahan

Teknik pengendalian ini bisa disebut dengan pengendalian yang efektif dan efisien, serta dapat dengan mudah untuk dikombinasikan dengan teknik pengendalian lainnyaa.

Semua teknik pengendalian preventf tersebut sangat perlu dilakukan untuk mencegah serangan dari bercak coklat ini, namun apabila keadaan dilapangan tidak menggunakan teknik pengendalian yang bersifat preventif sebelumnya dapat menggunakan teknik pengendalian yang bersifat responsif dengan menggunakan fungisida.

Teknik pengendalian responsif menggunakan fungisida dipakai apabila sudah tidak kompatibel dan tidak berpengaruh menggunakan teknik pengendalian lainnya. penggunaan fungisida hanya jalan terakhir untuk mengendalikan bercak coklat. fungisida yang dapat digunakan adalah fungisida yang berbahan aktif seperti difekonazol, tebukonazol, heksakonazol, belerang, dan lain-lain. Terimakasih atas kunjungan anda, selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk info terbaru lainnya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, sudi kiranya untuk berkomentar apabila berkenan. terimakasih.

Artikel Terkait