3 Cara Mengendalikan Kepinding Tanah

3 Cara Mengendalikan Kepinding Tanah - Kepinding tanah (Scotinopthora coarctata) merupakan salah satu hama yang menyerang tanaman padi, kehilangan hasil yang disebabkan oleh kepinding tanah dapat mencapai 35%. angka 35% ini sangat tinggi dan dapat menimbulkan kerugian. lalu bagaimana pengendaliannya? untuk mengendalikan kepinding tanah dapat menggunakan 3 cara megnendalikan kepinding tanah.

1. Cara bercocok tanam

  • dilakukan pengolahan lahan tanah segerra setelah panen untuk mematikan telur, nimfa, dan imago yang tinggal pada pangkal tanaman padi
  • pengeringan lahan dapat menghambat perkembangan kepinding tanah
  • pemupukan pada saat terserang ringan agar tanaman mampu mengkompensasi serangan

2. Sanitasi

Sanitasi lahan dan lingkungan dari tumbuhan inang lainnya misalnya rerumputan, dapat menghambat perkembangan OPT kepinding tanah. sanitasi lahan juga bisa mengamankan pertanaman padi dari organisme pengganggu tumbuhan lainnya.

3. Penggunaan insektesida efektif, terdaftar, dan dianjurkan

Penggunaan insektisida dilakukan apabila telah melewati ambang pengendalian. apa itu ambang pengendalian? untuk ambang pengendalian bisa melihat posting sebelumnya tentang Ambang pengendalian hama dan penyakit tanaman padi. apabila sudah melewati ambang dapat menggunakan insektisida. agara pengendalian dapat efektif dan tepat. insektisida yang digunakan juga harus insektisida yang terdaftar dan dianjurkan untuk wilayah setempat.

Semua 3 cara mengendaliakan kepinding tanah ini dapat disesuaikan dengan intensitas serangan kepinding tanah dan keadaan pertanaman padi. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya anda berkomentar apabila bermanfaat. selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk informasi terbaru. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait