Pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC)

Untitled Document

Pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC) - Pengendalian wereng batang coklat (WBC) dapat menggunakan berbagai teknik pengendalian, namun sebelum membahas mengenai teknik pengendalian hama wereng batang coklat ini sebaiknya anda membaca terlebih dahulu mengenai Biekologi wereng batang coklat dan gejala serta ambang pengendaliannya. apabila anda sudah membacanya kita kembali ke pembahasan mengenai pengendalian wereng batang coklat. pengendalian wereng batang coklat dapat melakukan teknik pengendalian berikut.

1. Pengaturan Pola Tanam

Pengaturan pola tanamn yang diterapkan adalah tanam serentak, pergiliran tanaman, dan pergiliran varietas berdsarkan tingkat ketahanan dan tingkat biotipe wereng batang coklat (WBC).

2. Penggunaan Varietas Tahan

Varietas tahan dapat digabungkan dengan cara pengendalian biologi misalnya pemanfaatan musuh alami. agar penggunaan varietas tahan dapat bertahan lama dan efektif perlu diintegrasikan dengan komponen pengendalian lainnya seperti pola tanam, pergiliran varietas, sistem pengamatan yang intensif.

3. Pengendalian Hayati

Beberapa cendawan patogen serangga yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian wereng batang coklat (WBC) adalah Beaveuria bassiana, Metharizium anisopliae, M flavoviridae dan Hirsutella citiriomis. konservasi musuh alami dengean cara menghindari penuenprotan pestisda tanpa dasar.

4. Eradikasi

Eradikasi dilakukan apabila ditemukan serangan kerdil rumput dan kerdil hampa dengan pencabutan dan pemusnahan.

5. Penggunaan Insektisida

Pengendalian wereng batang coklat (WBC) dengan insektisida dilaksanakan apabila setelah dilakukan pengelolaan agroekosistem telah melewati ambang pengendalian, dapat digunakan pestisida yang bersifat efektif, selektif dan terdaptar dan diizinkan tentunya.

Gambar pengendalian wereng batang coklat (WBC)

Untuk daerah serangan endemis WBC yang merupakan daerah virus kedil hampa/rumput dilakukan penggunaan insektisida butiran pada saat sehari sebelum pengolahan tanah terakhir. penyemprotan tambahan dilakukan apabila ditemukan wereng batang coklat (WBC) dipersemaian dan pertanaman dengan ketentuan diatas.

Aplikasi insektisida dilakukan bila melewati ambang pengendalian dapat menggunakan insektisida berbahan aktif : imidakloporid, BPMC, DImehipo, Buprofezin, Karbufuran, Abamektin, Bisultap, Bensultap, dll

Itulah teknik pengendalian yang dapat diterapkan dalam pengendalian Wereng batang coklat. terus pantau blog ini untuk update mengenai semua tentang organisme pengganggu tumbuhan. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya apabila artikel ini bermanfaat anda dapat berkomentar. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait