Pengendalian Lalat Bibit

Pengendalian Lalat Bibit - Pengendalian lalat bibit bisa dengan mengkombinasikan teknik pngendalian. teknik pengendalian yang paling tepat untuk mengendalikan lalat bibit adalah dengan pengendalian preventif. pengendalian preventif adalah pengendalian dengan cara mencegah sebelum timbul gejala kerusakan lalat bibit. pengendalian preventif juga sangat ramah lingkungan dan tidak mengganggu agroekosistem yang dapat menggganggu ekosistem. berikut beberapa teknik pengendalian preventif untuk lalat bibit.

1. Pengaturan cara bercocok tanam.

Pengaturan cara bercocok tanam dapat dilakuakan dengan memperhatikan iklim sekitar. pada saat awal hujan akan banyak sekali lalat bibit yang muncull, sehingga resiko untuk menanam padi pada saat awal musim hujan kurang tepat. untuk menghindari lalat bibit, tanamlah beberapa minggu setelah awal musim hujan.

2. Sanitasi lingkungan terutama tanaman yang dapat menjadi inang lalat bibit.

Sanitasia atau pembersihan lahan sekitar pertanaman dilakukan untuk mencegah lalat bibit hidup di tanaman inang lain selain padi. sehingga persediaan makanan untuk lalat bibit menjadi sedikit. hal ini diharapkan dapat menekan populasi dari lalat bibit.

3. Perlakuan benih dengan insektisida yang terdaptar dan diijinkan.

Perlakuan perendaman benih dengan insektisida diharapkan dapat membunuh larva yang terkandung dari benih, agar tidak menyebar ke pertanaman ketika ditanamkan.

Seperti pepatah mengatakan "Mencegah Lebih Baik, Dari Pada Mengobati". pengendalian lalat bibit pun demikian lebih baik mencegah dengan pengendalian preventif agar pertanaman padi gogo aman. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya anda berkomentar apabila bermanfaat. selalu kunjungi blog ini untuk update megnenai semua tentang OPT. terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait