Pengendalian Walang Sangit

Pengendalian Walang Sangit - Pengendalian walang sangit (Leptocorisa acuta) dapat dilakukan dengan melakukan 4 teknik pengendalian.

1. Pola tanam

Tanaman serentak dalam hamparan sawah yang cukup luas dengean perbedaan waktu paling lama 2 mingu. keserentakan tanaman diartikan sebagai keserentakan memeasuki fase masak susu. dengan demikian periode waktu yang cocok bagi penyerangan walang sangit berlangsung pendek.

2. Sanitasi

Dilakukan sanitasi atau pembersihan tanaman inang dan tanaman-tanaman yang digunakan sebagai tempat bersembunyi disekitar pertanaman padi.

3. Cara mekanik

Dilakukan dengan pengumpulan serangga dengan menggunakan alat perangkap, kemudian dimatikan. sebagai alat perangkap dapat digunakan bangkai kepiting, ketam, tulang-tulang, dan sebagaianya yang diletakan disawah. dapat pula dilakukan dengan membakar jerami atau memasang lampu perangkap.

4. Penggunaan pestisida

Penyemprotan pestisida apabila cara pengendalian sebelumnya kurang efektif, boleh menggunakan insektisida dengan memperhatikan ambang pengendalian. untuk ambang pengendalian dari walang sangit dapat melihat posting Ambang pengendalian hama dan penyakit tanaman padi.bahan aktif insektisida yang dapat digunakan adalah BPMC, metolkarb, fipronil, imidakloprid, MIPC, dll. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. sudi kiranya bagi anda berkomentar apabila artikel ini bermanfaat. selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan untuk update terbaru. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait