3 Cara Pengendalian Ulat Grayak

Pengendalian Ulat Grayak - Ulat grayak (Spodoptera mauritia) dapat dikendalikan dengan memadukan semua teknik pengendalian.

1. Pengendalian secara kultur teknis

a. Pengolahan tanah dengan membalikan tanah

Pengolahan tanah dengan membalikan tanah dapat mematikan dari ulat grayak, selain itu dengan pembalikan tanah, tanah akan menguapkan gas-gas beracun yang ada dalam tanah.

b. Membersihkan gulma sebagai tempat hidup ulat grayak

Gulma merupakan inang alternatif bagi ualt grayak selain padi. untuk menrunkan populasi ulat grayak dapat dilakukan dengan sanitasi gulma sekitar pertanaman padi.

2. Pengendalian biologi :dengan parasitoid atau laba-laba

Pengendalian dengan cara biologi dapat memanfaatkan parasitoid atau predator seperti laba-laba.

3. Pengendalin kimiawi

Pengendalian dengan insektisida dilakukan apabila kedua teknik pengendalian diatas sudah tidak mempan karena populasi ulat grayak yang tinggi. apabila menggunakan insektisida gunakan insektisida yang berbahan aktif karbufuran atau etofemproks.

Semua teknik pengendalian diatas dapat disesuaikan dengan keadaan setempat, berdasarkan populasi dan keadaan pertanaman. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya bagi anda untuk berkomentar apabila bermanfaat. selalu kunjungi blog OPT ini untuk update selanjutnya. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait