Pengendalian OPT Uret/Lundi pada tanaman padi

Pengendalian Uret/Lundi - Pengendalian uret/lundi dapat disesuikan dengan keadaan setempat tergantung intensitas serangan dan keadaan pertanaman. untuk melakukan pengendalian dari uret/lundi lebih baik menggunakan pengendalian preventif. pengendalian preventif adalah pengendalian organisme pengganggu tumbuhan sebelum organisme pengganggu tumbuhan menimbulkan kerusakan. untuk tanaman padi gogo serangan uret/lundi dapat melakukan beberapa teknik pengendalian berikut.

1. Pengaturan pola tanam

Pola tanam yang terus menerus tanpa bera sangat disukai oleh uret/lundi maupun OPT lain, karena ketersediaan makanan akan terus tersedia sehingga memudahkan perkembangannya. untuk memutus siklus hidup dari uret/lundi diperlukan pengaturan pola tanam. pola tanam yang dapat di lakukan adalah pola tanamn padi : padi : palawija atau padi : palawija : padi. pola tanam tersebut disesuaikan dengna keadaan setempat.

2. Pengolahan tanah dengan baik atau maximum tillage

Uret/lundi berada dalam tanah, untuk mengendalikannya bisa dengan melakukan pengolahan tanah maksimum, sehingga uret/lundi akan mati dengna proses pengolahan tanah maksimmum.

3. Pengumpulan kumbang pada musim hujan awal

Kemunculan kumbang pada awal musim hujan akan sangat tinggi, karena mereka memasuki musim kawin. dan pengendalian pada saat awal musim hujan ini dapat menekan populasi dari kumbang tersebut.

Semua teknik pengendalian tersebut dapat berubah-ubah menyesuiakan dengna kondisi setempat, tergantung dari intensitas dan keadaan pertanaman. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, sudi kiranya anda berkomentar apabila artikel ini bermanfaat. selalu kunjungi blog ini untuk update selanjutnya. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait