Strategi Pengendalian Wereng Batang Coklat (WBC)

Untitled Document

Strategi Pengendalian Wereng Batang Coklat - Hama wereng batang coklat atau Nillaparva lugens sekarang telah menjadi hama tanaman padi yang populer. serangan dari hama wereng batang coklat dapat mengakibatkan kerusakan yang nyata apabila kondisi lingkungan mendukung dan populasi tinggi. selama ini pengendalian hama wereng batang coklat selalu kurang tepat karena ketidaktahuan akan perilaku dari hama wereng batang coklat. perilaku hama wereng coklat dapat melihat posting sebelumnya tentang Bioekologi Wereng Batang Coklat.

Gambar wereng batang coklat

Pengendalian wereng batang coklat harus mempunyai dasar yang kuat dan pemahaman akan hama wereng batang coklat. untuk mengendalikan hama wereng batang coklat diperlukan strategi yang tepat agar pengendalian berhasil. strategi untuk mengendalikan wereng batang coklat adalah dengan memperhatikan :

1. Mengetahui populasi awal wereng batang coklat

Mengetahui populasi awal dari wereng batang coklat merupakan hal dasar dan sangat fundamental dalam mengendalikan hama wereng batang coklat. dengan mengetahui kondisi awal dari wereng batang coklat pada saat fase pertumbuhan tanaman tertentu akan memudahkan menentukan perkiraan lonjakan populasi hama wereng batang coklat. lonjakan populasi yang terjadi selama ini adalah karena ketidaktahuan akan populasi awal dan pengendalian pada saat yang tidak tepat. perkiraan populasi dari hama wereng batang coklat dapat diprediksi dengan mempelajari perilaku hidupnya.

2. Waktu Pengendalian

Waktu pengendalian yang tepat untuk mengedalikan hama wereng batang coklat adalah ketika wereng generasi ke-2 ketika awal penetasan yang dimana hama wereng batang coklat yang dominan adalah tipe nimfa. atau ketika hama wereng batang coklat generasi pertama yang muncul. berdasarkan kondisi hama wereng sekarang pengendalian dengan melakukan penyemprotan pada saat populasi awal, kebanyakan menimbulkan ledakan populasi karena beberapa faktor. faktor tersebut bisa karena faktor sumber daya manusia, kondisi hama wereng batang coklat, dan jenis pestisida yang digunakan. menurut pengalaman pribadi melakukan pengendalian pada saat wereng generasi kedua menetas adalah waktu yang tepat asalkan teknik penyyemprotan yang benar dengan formulasi insektisda yang tepat.

3. Jenis Insektisida

Seperti point 2 sebelumnya bahwa waktu pengendalian akan berpengaruh terhadap jenis insektisida yang digunakan. apabila pada kondisi hama wereng batang coklat merupakan generasi ke dua dan mayoritas adalah berupa nimfa maka jenis insektisida yang tepat adalah yang berbahan aktif Buprofezin.bahan aktif buprofezin dapat menghambat pembentukan sayap. sehingga akan menghambat pertumbuhannya. namun banyak anggapan yang menyatakan dengan menggunakan insektisida berbahan aktif buprofezin hama wereng batang coklat tidak semuanya mati, padahal kenyataannya nimfa dari wereng batang coklat ini sudah tidak mengalami pertumbuhan dan akan mati dengan sendirinya. penggunaan bahan aktif buprofezin hanya cocok untuk mengendalikan nimfa. untuk megnendalikan hama wereng batang coklat yang mayoritas imago adalah dengan menggunakan bahan aktif seperti dimehipo, BPMC, dll akan efektif dan sangat dianjurkan. untuk sifat insektisida yang digunakan adalah insektida yang bersifat kontak.

4. Cara penyemprotan

Cara penyemprotan yang terbaik adalah dengan langsung mengarahkan nozzle atau ujung semprotan ke pangkal batang padi, karena perilaku wereng batang coklat adalah hinggap di batang. namun apabila populasi tinggi dapat menyebar hingga daun. sehingga penyemprotan dilakukan dengan disesuikan keberadaan hama wereng batang coklat.

Itulah semua strategi yang bisa diterapkan untuk mengendalikan hama wereng batang coklat pada tanaman padi. faktor keberhasilan dalam pengendalian wereng batang coklat dipengaruhi oleh sumber daya manusia, keadaaan wereng batang coklat, keadaan pertanaman, dan jenis insektisida yang digunakan. setiap teknik pengendalian dapat disesuaikan dengan kondisi setempat dan anjuran setempat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan ini untuk info menarik dan nspiratif lainnya. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait